Cara Membuat Resep Empek Empek Palembang Empuk



Cara Membuat Resep Empek Empek Palembang Empuk Resep Empek Empek Palembang dan Resep Membuat Pempek Yang Mudah. Kota yang dahulunya dikenal sebagai Swarnabhumi yang berarti bumi emas ini memiliki makanan khas yang sangat terkenal hampir di seluruh wilayah Indonesia. Dimana orang diseluruh penjuru Indonesia pasti mengenalnya, yaitu resep empek-empek. Pempek palembang yang sesuai dengan namanya ini merupakan oleh-oleh yang paling cocok khas dari Sumatra Selatan, lebih spesifiknya Palembang. Makanan ini berbahan dasar ikan beserta bumbu spesial dan sagu, sehingga rasanya pun ada kenyal-kenyalnya. Dalam penyajiannya pempek biasa disuguhkan bersama semangkuk kuah pedas, dengan warna coklat kehitaman yang  biasa disebut dengan cuko atau cuka. Biasanya kita dengan mudah menemukan penjualnya, tetapi tidak ada salahnya bukan kalau kita mengetahui bumbu dan resep membuat empek empek ini.

Menurut sejarah jaman dahulu, makanan yang dikenal mulai abad ke 16 ini ada karena pemanfaatan banyaknya jumlah ikan di pinggiran sungai musi. Istilah pempek sendiri telah dipercaya berasal dari kata “apek” , yang merupakan sebutan nama seorang kaki dari tionghoa. Dahulu hasil tangkapan ikan masih belum maksimal dalam proses pengolahannya, sehingga Siapek ini merasa begitu prihatin. Lalu dilakukanlah uji coba untuk menciptakan resep makanan ikan dan akhirnya muncullah resep empek empek Palembang yang sekarang cukup terkenal di seantero negara kita ini.. Beliau menyatukan bahan dari daging ikan giling dengan repung tapioka, hingga terciptalah makanan tersebut. Penjualannya masih sangat sederhana, beliau keliling kota menggunakan sepeda yang setiap pembelinya memanggil dengan nama “pek” dalam bahasa Tionghoa berarti paman.

Karena pengucapan yang sering “pekpek” maka akhirnya makanan ini dikenal sebagai pempek atau empek-empek.Dalam sejarahnya, resep pempek ini dahulu digunakan sebagai hidangan saat upacara adat tertentu. Sebagai keperluan adat dengan bahan dasar makanan dari ikan dan tepung tapioka. Selama ini resep empek empek ini telah mengalami banyak perkembangan variasi makananya. Seperti halnya kapal selam, lenjer, keriting, pastel, dan tekwan. Lalu apa saja yang kita butuhkan untuk membuat resep empek empek ini ? Mari kita bahas lebih detail.

Bahan-bahan untuk membuat resep empek-empek Palembang ini adalah

Bahan Empek-empek

1. Sediakan 1 kilo ikan belida yang telah digiling halus. Bisa juga menggunakan ikan tenggiri atau ikan gabus.
2. Sediakan tepung tapioka atau sagu dengan kualitas baik sebanyak 1,5 kilogram.
3. Sediakan 1 bungkus bumbu penyedap rasa.
4. Segelas air es matang secukupnya.
5. Sediakan garam dapur beryodium secukupnya.

Bahan untuk Cuka pempek

1. Gula merah 2,5 ons.
2. Siapkan air sebanyak 300 cc.
3. Siapkan cabai rawit 5 buah.
4. Cabai merah keriting kurang lebih 3 buah atau sesuai selera.
5. Bawang putih kurang lebih 8 buah.
6. Siapkan 1 sendok makan asam.
7. Siapkan 2 sendok makan ebi yang sudah ditumbuk halus.
8. Sediakan juga garam seperlunya.

Bagaimana cara membuat resep empek empek asli Palembang

1. Pertama, rebus air yang telah ditambahkan 2 sendok makan minyak goreng
2. Kemudian campur ikan giling bersama air es yang sudah disediakan. Lalu tambahkan garam dengan bumbu penyedap kedalamnya. Aduklah secara merata agar tercampur
3. Lalu tambahkan tepung sagu secukupnya pada adonan yang sudah tercampur rata. Setelah itu aduk adonan sampai mengental dan tidak lengket. Seberapa banyaknya sagu menjadi penentu tingkat kekenyalan dari makanan tersebut.
4. Lumuri tangan dengan sedikit tepung untuk membuat adonan, bentuk sesuai selera. Biasanya berbentuk lonjong jika suka bisa diisi dengan telur.
5. Lalu rebus adonan kedalam air rebus bersama minyak goreng. Tunggu hingga adonan empek-empek ini mengapung keatas. Setelah itu angkat lalu tiriskan di piring yang disediakan.
6. Pembuatan cuka terbilang cukup mudah, didihkanlah semua bahannya kecuali pada ebi. Kemudian setelah terlihat sudah cukup mendidih, masukkan ebi. Jika suka bisa menambahkan timun didalamnya.

Selesai cara membuat dan bumbu empek empeknya dan resep empek empek asli dari Palembang pun sudah siap untuk disajikan untuk santapan bersama seluruh anggota keluarga. tercinta. Kalau ternyata rasa yang dihasilkan dari resep masakan indonesia ini diterima dan disukai oleh banyak orang, resep membuat empek empek asli Palembang ini bisa jadi ini bisa digunakan sebagai sumber penghasilan tambahan dengan menjualnya secara umum.

*

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post